Untuk membina sistem informasi akuntansi biaya diperlukan pemahaman sempurna tentang :
1. Struktur organisasi perusahaan bersangkutan
2. Prosedur atau proses produksi
3. Jenis informasi yang dikehendaki dan dibutuhkan oleh berbagai tingkat manajemen
Sistem ini harus dapat mencerminkan prosedur, proses produksi, dan cara kerja toko serta organisasi pemasaran dan administrasi perusahaan yang akan menggunakan sistem itu. Akuntan yang mendesain sistem itu harus mengetahui jenis sistem pengupuhan, metode pengumpulan jam kerja, pengendalian persediaan barang, cara menghitung biaya alat perkakas dan mesin-mesin, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan operasi. Sekalipun untuk berbagai jenis perusahaan, perincian untuk analisis dan pelaporan dapat berlaianan, namun sistem selayaknya harus diatur secara sempurna agar dapat :
1. Membantu perencanaan masa depan dan pengendalian masa kini
2. Menyediakan sarana untuk menghitung harga pokok persediaan barang (invetories costing)
3. Menghitung biaya penjualan
4. Mengukur efisiensi tenaga kerja, bahan baku, dan mesin-mesin
5. Menyediakan data untuk beraneka proses analisis lainnya
6. Membantu menetapkan harga penjualan.
B. Bagan Akun
Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam penyusunan chart of accounts adalah :
1. Account harus disusun dan didesign untuk memberikan informasi yang maksimum dengan analisis yang minimum
2. Judul akun harus mencerminkan tujuan dan sifat pengeluaran
3. akun-akun biaya produksi, pemasaran, dan administrasi harus mendapat perhatian utama karena akun-akun tersebut harus dapat diidentifikasi dengan manajer yang bertanggung jawab terhadap biaya-biaya tersebut.
tipe chart of account dibagi menjadi :
1. Akun Balance Sheet - Assets, Liabilities, dan Capital
2. Akun Income Statement - Sale, COGS, FOH, Marketing Expense, Administrative Expense, dan Other Expense & Income
C. Buku Besar Pabrik ( Factory Ledger)
Lokasi yang berbeda antara kantor pusat dan pabrik akan menimbulkan perbedaan administrasi. Untuk memperoleh data produksi yang tepat, administrasi cost accounting diselenggarakan di pabrik, sedangkan administrasi yang berhubungan dengan general accounting dilaksanakan di kantor pusat.
Untuk menghubungkan kegiatan di kantor pusat dan kegiatan di pabrik diperlukan akun antara, yaitu akun general ledger (buku besar umum) dan factory ledger (buku besar pabrik)
- Akun general ledger digunakan pabrik
- akun factory ledger digunakan dikantor pusat.
D. Laporan Hasil Operasi
Laporan hasil operasi biasanya berupa income statement dan balance sheet .
- Income Statement : meringkas aliran biaya/beban dan pendapatan
- Balance Sheet : menunjukan posisi keuangan pada akhir periode akuntansi.
No comments:
Post a Comment